Apa itu Cloud Storage? Media Penyimpanan...

Apa itu Cloud Storage? Media Penyimpanan Mutakhir di Abad ke-21

Apa itu Cloud Storage? Media Penyimpanan Mutakhir di Abad ke-21

29-01-2023 12:36 pagi Adam Amirudin

Tahukah kamu bahwasannya untuk di industri digital seperti yang sekarang ini, media penyimpanan sekarang bukan hanya secara fisik saja?

Salah satunya ialah penyimpanan juga dilakukan di dalam cloud atau yang biasa dikenal dengan cloud storage (penyimpanan cloud).

Media penyimpanan berbasiskan cloud ini sangat berkaitan erat dengan jaringan internet. Karena, tanpa jaringan internet tidak bisa mengakses storage yang ada pada cloud.

Apalagi, penyimpanan cloud ini menawarkan berbagai macam kelebihan yang sangat menguntungkan, ketimbang penyimpanan yang dilakukan secara konvensional.

Apa itu Cloud Storage?

Cloud storage atau yang biasa dikenal dengan penyimpanan storage adalah media penyimpanan file berbasiskan online atau digital dengan mengandalkan koneksi internet untuk melakukan akses data.

Cloud storage menjadi salah satu terobosan baru dalam dunia penyimpanan yang memberikan begitu banyak kelebihan dibandingkan dengan media penyimpanan konvensional.

Penyimpanan cloud ini memberikan beberapa efektivitas, seperti:

  • Ketangkasan

  • Skalabilitas

  • Ketahanan

Yang kesemua poin di atas bergantung pada akses data yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Penyimpanan cloud ini bisa dikatakan penting karena dapat diskalakan dan hemat biaya.

Pengguna tidak perlu khawatir apabila kehabisan kapasitas, memelihara jaringan area penyimpanan, hingga mengoperasikan perangkat keras yang kurang dimanfaatkan saat permintaan menurun.

Cloud storage ini bersifat elastis, di mana kamu sebagai pengguna bisa menaikkan maupun menurunkan skala sesuai dengan permintaan dan hanya membayar sesuai dengan apa yang digunakan saja.

Biasanya, cloud storage ini banyak digunakan dan diminati oleh banyak orang, karena alasannya seperti:

  • Tidak perlu khawatir file yang disimpan terkena virus yang menjadi penyebab rusaknya data file yang disimpan

  • Keamanan data akan terjamin dan tidak hilang karena seluruh data disimpan ke dalam server

  • Simpanan data dapat diakses kapanpun dan di manapun saat dibutuhkan

  • Media akses dapat melalui perangkat seluler atau apapun itu yang telah terkoneksi dengan internet

Manfaat Cloud Storage

Seperti yang telah dibahas maupun disinggung sebelumnya jika cloud storage ini menjadi salah satu inovasi terbaru di bidang media penyimpanan, maka tentu efektivitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Bahkan, cloud storage memiliki segudang manfaat dibandingkan dengan media penyimpanan konvensional pada umumnya. Berikut ini beberapa manfaat cloud storage.

1. Menyimpan dan Berbagi Data

Sesuai dengan namanya, manfaat cloud storage yang pertama untuk bisa memudahkan menyimpan berbagai macam data.

Selain praktis dan bisa diakses kapan saja maupun di mana saja, kamu juga tidak akan mengalami kesulitan apabila ingin berbagi file.

Dengan menggunakan jaringan internet, kamu mampu melakukan sharing maupun sinkronisasi data dengan mudah.

2. Kontrol Data

Manfaat selanjutnya ialah manajemen kontrol data, yang mana pengguna takkan lagi kesulitan untuk mengatur data yang ada.

Walaupun mungkin kamu lupa atau bahkan tidak sengaja memindahkannya, tenang saja data yang sudah ada akan tetap tersimpan dan takkan pernah hilang.

3. Hemat dan Ramah Lingkungan

Menariknya dari cloud storage ini menjadi salah satu media penyimpanan yang hemat dan ramah lingkungan.

Apalagi, penyimpanan cloud ini tidak membutuhkan perangkat keras tambahan layaknya flashdisk, harddisk, maupun solid-state disk yang bisa rusak dan dibuang.

Kamu tak perlu membeli perangkat penyimpanan yang dimiliki, karena bisa mengurangi anggaran dan tidak menghasilkan limbah di lingkungan sekitar.

Contoh Layanan Cloud Storage

1. Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan milik Google untuk memungkinkan pengguna dalam menyimpan file dan lain sebagainya.

Layanan penyimpanan milik Google dapat digunakan secara gratis, tanpa harus membayar biaya apapun.

Apalagi, secara gratis, pengguna diberikan hak maupun kapasitas penyimpanan hingga 15 GB dan cukup mumpuni untuk menyimpan berbagai macam file penting.

2. Mediafire

Mirip seperti Google Drive karena serupa cloud storage, Mediafire ini menjadi media file sharing yang juga berbasiskan cloud.

Media penyimpanan ini menjadi salah satu yang terpopuler selain dari Google Drive karena telah ada sejak tahun 2006 silam.

Bahkan, media penyimpanan yang diberikan kepada pengguna juga cukup leluasa sebesar 50 GB dan tergolong cukup besar.

3. ArahDrive

Cloud storage yang terakhir merupakan ArahDrive, di mana media penyimpanan berbasiskan cloud ini merupakan salah satu hasil karya milik anak bangsa.

Bahkan, bedanya dengan Google Drive dan Mediafire, di sini pengguna atau pemilik file bisa memperoleh penghasilan dari setiap file yang diunduh.

ArahDrive sendiri menyediakan penyimpanan gratis sekitar 2 GB bagi pengguna untuk bisa diunduh dan dimonetisasi tanpa ribet.

Akhir Kata

Sudah paham sekarang mengenai pengertian apa itu cloud storage? Bisa membedakan antara cloud storage dan media penyimpanan konvensional pada umumnya?

Yang terpenting, cloud storage ini sendiri menjadi salah satu terobosan baru yang bisa menghemat anggaran, tetapi memiliki skalabilitas yang tinggi bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Jika menggunakan harddisk, maka mau tidak mau kita harus membawa perangkatnya setiap bepergian.

Berbeda dengan cloud storage, kita tidak perlu ribet dan pusing ini itu, karena penyimpanan bisa diakses di mana saja dan kapan saja, tanpa ribet, dan yang terpenting hanya butuh jaringan internet.

Komen (0)
Tidak ada komen tersedia
Masuk atau buat akun untuk meninggalkan komentar

Official Partner


arahkuarahlinkarahkuarahfilearahtekno

Bank Transfer Dana OVO Gopay ShopeePay Paypal

Kami menggunakan cookies untuk mempersonalisasi pengalaman anda. Dengan mengunjungi website ini berarti anda telah menyetujui untuk penggunaan cookies kami

Selebihnya